Cara Membeli Perahu dari Plywood





Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara membeli perahu, keputusan pertama adalah berlayar atau listrik. Setelah itu diputuskan, maka ada pilihan konstruksi lambung kapal, diputuskan oleh perancang dan bukan pembuat kapal. Bagi mereka yang membeli perahu bekas atau bangunan rumah perahu, ada banyak pilihan. Sebagian besar kapal modern terbuat dari GRP - kaca yang diperkuat poliester alias fiberglass. Ini menawarkan banyak manfaat, tetapi ada kerugiannya dan ada contoh yang tidak dibangun dengan baik di pasar. Di sini, kami meninjau 7 dari berbagai pilihan harga blockboard bahan lambung yang tersedia, bersama dengan pro dan kontra utama dari masing-masing jenis.

GRP Komposit (Dasar / Tradisional)

Ini adalah bahan produksi yang paling umum. Kapal yang lebih tua menggunakan layering (scantlings) yang lebih berat - anyaman dan tikar kaca untai - daripada yang modern. Untuk: GRP memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang baik, persyaratan perawatan yang rendah, dan murah untuk konstruksi volume tinggi. Ini memiliki kompleksitas perbaikan moderat - perbaikan kecil mudah ditangani oleh DIY'er rumah rata-rata. Terhadap: Senyawa yang lebih tua dapat mengalami osmosis, dan pemutihan di bawah sinar matahari yang berkepanjangan. Resin modern lebih tahan. Baik untuk: Tujuan umum - mis. kapal penangkap ikan, kapal layar, perahu kecil, dan bahkan kapal kecil!

Komposit (Eksotis)

Konstruksi lambung kapal ini menggunakan Kevlar atau tikar serat karbon, diresapi dengan kinerja tinggi poliester atau resin epoksi.

Untuk: Rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi. Terhadap: Dibangun mahal, membutuhkan perbaikan teknologi tinggi (= mahal). Ideal untuk: Anggaran besar dan kinerja tinggi.

Komposit (Epoksi pada inti balsa atau busa)

Konstruksi populer untuk sekali pakai, dan juga untuk model produksi, meskipun busa kini telah melampaui balsa.

Untuk: Kekuatan yang baik untuk berat, murah dan cepat untuk dibangun. Terhadap: Tidak mudah harga mdf diperbaiki. Masalah utama jika intinya adalah kayu balsa dan air masuk (survei yang sangat hati-hati diperlukan di sini). Ideal untuk: Desain rumah, satu desain.

Komposit (strip kayu, dilapisi epoksi)

Paling sering dibangun menggunakan papan strip cedar untuk kekakuan, kekuatan dan bentuk. Untuk: Kekuatan sedang hingga berat, murah dan cepat dibangun. Terhadap: Cukup rumit untuk diperbaiki. Baik untuk: Satu proyek off dan home build.

Kayu / Kayu (bangunan tradisional)

Setelah sampan, bangunan tertua adalah bangunan perahu kayu, dengan beberapa variasi 'modern'. Berbagai jenis papan: klinker (tumpang tindih), carvel ('panked halus'), diagonal (layup single / double / triple). Double atau triple diagonal dapat disembuhkan dengan oven - tidak lagi diproduksi hari ini.

Untuk: Pecinta kayu, teknologi rendah. Terhadap: Umumnya rasio kekuatan terhadap berat lebih rendah (kecuali laminasi matang). Semakin sulit menemukan pengrajin untuk perbaikan, persyaratan perawatan tinggi, pengikatan akhirnya gagal. Ideal untuk: pemilik dengan waktu dan uang.

Kayu (kayu lapis)

Plywood benar-benar memulai perjalanan bisnis pembuatan kapal di awal tahun 1950-an. Beberapa desain yang lebih kecil menggunakan teknik 'jahitan dan lem'. Ada juga variasi 'lapstrake' - papan triplek, pada dasarnya.

Untuk: Rasio kekuatan dan berat yang murah dan mudah dibangun, ringan hingga sedang. Terhadap: Persyaratan pemeliharaan sedang. Kayu lapis non-laut berkualitas buruk mungkin telah digunakan, dan ada kendala desain. Ideal untuk proyek pembangunan kapal rumah.

Komentar